Senin, 17 September 2007

Infancy & Toddlerhood

Bahan:?
Diupload oleh: Ewa


Sesi 3
Infancy & Toddlerhood adalah tahap pertama pada perkembangan manusia setelah ia dilahirkan. Pada tahap ini terjadi perubahan-perubahan yang sangat pesat pada seluruh aspeknya.

Ketika sang ibu sedang hamil hingga ia melahirkan, terjadi berbagai kemungkinan ibu dan bayi menghadapi berbagai gangguan dan penyakit. Ahli medis berusaha melakukan berbagai hal untuk membantu ibu dan anak, termasuk berbagai proses melahirkan yang kini ada, seperti vaginal, caesar dan bantuan obat serta alat. Ketika sang bayi lahir, dokter memeriksa kesehatan bayi dengan melakukan beberapa tes, seperti tes APGAR.

Pertumbuhan fisik adalah perubahan yang paling mudah dilihat dibandingkan dengan perkembangan lain. Pertambahan berat dapat mencapai 6 kali lipat dan tinggi badan dapat mencapai 2 kali lipat dibandingkan ketika ia dilahirkan. Pertumbuhan ini membutuhkan nutrisi yang baik.

Perkembangan motorik bayi & batita mengikuti 2 prinsip, yaitu proximodistal dan cephalocaudal. Perkembangan ini didukung oleh kemampuan sensoris, kematangan tubuh dan dukungan dari lingkungan anak.

Perkembangan kognitif pada tahap ini dapat dilihat dari kemampuan berpikir dan bahasa anak. Perubahan kognitif dibahas cukup lengkap oleh Piaget. Ia membahas cara belajar dan tahapan yang terjadi. Ahli-ahli dalam bidang lain juga berusaha untuk menjelaskan perubahan ini.

Perkembangan bahasa anak terlihat dari perubahan dari tangisan hingga akhirnya anak mampu membuat kata dan kalimat. Bahasa merupakan aspek yang penting karena bahasa merupakan alat untuk mendapatkan pengetahuan baru, berkomunikasi dan mengekspresikan emosi.

Perkembangan lain yang terlihat pada bayi dan batita adalah perkembangan emosi dan temperamen. Bayi dapat mengekspresikan emosinya melalui tangisan, senyuman dan tawa. Para ahli menglasifikasikan temperamen bayi menjadi tiga, yaitu easy, difficult dan slow to warm-up

Bayi dan batita memiliki tugas yang berbeda menurut Erikson. Bayi memiliki tugas untuk mengembangkan rasa percaya dan kelekatan sedangkan batita bertugas untuk mengembangkan konsep diri, kemandirian dan moral.

2 komentar:

Maz bow mengatakan...

selamt siang.. salam kenal

blog psikologi mengatakan...

artikelnya menarik teman. btw, boleh tukeran link? link mu dah ak add d blogku. makasih