Jumat, 07 September 2007

Pengantar Psi. Perkembangan Manusia

Bahan: Chapter 1-3 (buku?)
Diupload oleh: Ewa


Sesi 1
Perubahan dan stabilitas terjadi pada 3 domain perkembangan (fisik, kognitif, dan psikososial) selama rentang kehidupan manusia. Paul B. Baltes mengemukakan 6 prinsip dalam melihat suatu proses perkembangan ini yaitu berlangsung seumur hidup, ada sesuatu yang didapat namun ada juga yang hilang, dipengaruhi oleh kemauan individu untuk mengalokasikan kemampuannya, bersifat plastis, dan dipengaruhi oleh biologis, konteks sejarah dan budaya.

Untuk menjelaskan proses perkembangan manusia secara lebih mendalam dan komprehensif, setiap tahap usia akan dibahas dengan menggunakan 5 teori utama (psikoanalisis, belajar, kognitif, evolusi/sosiobiologis, dan kontekstual). Pemahaman mengenai pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta pengambilan data secara cross sectional, longitudinal, dan sequential menjadi sangat penting mengingat ilmu tentang manusia harus selalu diperbaharui melalui penelitian-penelitian.

Dalam perkembangan manusia, yang menjadi awal adalah masa konsepsi, dimana sperma dan ovum bersatu. Setelah itu, gen dan lingkungan akan terus mempengaruhi perkembangannya. Saat bayi, perkembangan akan terlihat dari kepala ke kaki (cephalocaudal), kemudian dari tengah ke pinggir (proximodistal).

Tidak ada komentar: